=====UNDUH MASTER APLIKASI P K G di sini atau di sini=====

Senin, 08 Oktober 2012

RPP Bhs. Jawa Kelas 7 - Smt I/a


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)







MATA PELAJARAN
MULOK BAHASA JAWA







KELAS VII
SEMESTER GANJIL







SMP NEGERI 3 PURWANTORO 
==========================================


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( 1 )

    Sekolah                   : SMP Negeri 3 Purwantoro
    Mata Pelajaran      : Bahasa Daerah (Jawa)
    Kelas/ Semester     : VII/ I

Standar Kompetensi :  Mendengarkan
1. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan

Kompetensi Dasar (KD) :
1.1 Menemukan isi dan pesan dongeng

Indikator :
1.1.1  Siswa mampu menunjukkan pokok-pokok cerita
1.1.2  Mampu menyarikan pokok cerita menjadi inti cerita
1.1.3  Mampu menunjukkan pesan yang tersirat dalam dongeng

Alokasi Waktu :  2 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
      Siswa dapat menemukan isi dan pesan dongeng yang diperdengarkan

B. Materi Pembelajaran
      ·    Pokok-pokok cerita/ dongeng
      ·     Isi dan pesan dongeng
      ·     Cara menemukan isi dan pesan dongeng

C. Metode Pembelajaran
      ·      Permodelan
      ·      Diskusi

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
     1.  Kegiatan Awal
          a.  Mengkondisikan siswa untuk mendengarkan cerita
          b.  Siswa mendengarkan cerita dongeng dari radio/ tape recorder/ VCD/ TV/ nara sumber

    2.   Kegiatan Inti
          a.  Siswa menentukan pokok cerita
          b.  Siswa menyarikan isi cerita
          c.  Siswa menyimpulkan pesan yang tersirat dalam cerita

   3.    Kegiatan Akhir
          a. Guru memberikan evaluasi

E. Sumber Belajar
     1.  Kaset/ CD dongeng
     2.  Majalah
     3.  Buku Dongeng
     4.  Nara Sumber

F. Penilaian
    1.   Teknik                         :  Tes Tulis
    2.   Bentuk Instrumen         :  Tes Uraian
    3.   Soal/ Instrumen            :
NO
SOAL
INSTRUMEN
SKOR
1





2





3
Tulislah pokok-pokok cerita !




Tulislah ringkasan cerita !




Tentukan isi dan pesan cerita !
a.   Menulis pokok-pokok cerita lengkap
b.   Menulis pokok-pokok cerita tidak lengkap
c.   Tidak menuliskan apa-apa

a.   Membuat ringkasan dengan baik dan lengkap
b.   Membuat ringkasan kurang baik dan tidak lengkap
c.    Tidak membuat ringkasan

a.    Menjelaskan isi cerita dengan baik dan jelas
b.   Menjelaskan isi cerita dengan tidak baik dan tidak jelas
c.    Tidak dapat menjelaskan
2

1

0

2

1

0

2

1

0

Skor Maksimal   :  6

Nilai Akhir


Mengetahui
....., ...........................
Kepala SMPN 3 Purwantoro
Guru Mata Pelajaran





I S M A I L
NIP.
NIP. 19660313199003 1 009



_________________________________________________________________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( 2 )

   Sekolah                     : SMPN 3 Purwantoro
   Mata Pelajaran        : Bahasa Daerah (Jawa)
   Kelas/ Semester      : VII/ I

Standar Kompetensi : Mendengarkan
1.  Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan

Kompetensi Dasar (KD) :
1.2   Memberikan tanggapan relevansi isi dan pesan dongeng dengan situasi sekarang

Indikator :
1.2.1  Mampu menemukan isi dan pesan dari dongeng yang didengarkan
1.2.2  Mampu menuliskan tanggapan relevansi isi dan pesan dongeng dengan situasi sekarang

Alokasi Waktu :  2 x 40 menit

A.  Tujuan Pembelajaran
      Siswa dapat menemukan isi dan pesan dongeng yang diperdengarkan

B.  Materi Pembelajaran
      ·    Isi dan pesan dongeng
      ·    Cara menanggapi isi dan pesan dongeng
      ·    Relevansi isi dan pesan dongeng dengan situasi sekarang

C.  Metode Pembelajaran
      ·    Permodelan
      ·    Diskusi

D.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
      1. Kegiatan Awal
          a.  Siswa dikondisikan untuk mendengarkan dongeng
          b. Siswa mendengarkan cerita dongeng dari radio/ tape recorder/ VCD/ TV/ nara sumber


      2.  Kegiatan Inti
           a.  Siswa menemukan isi cerita
           b.  Siswa menemukan pesan yang didengarkan
           c.  Siswa mengungkapkan pesan yang ada relevansinya dengan situasi sekarang
           d.  Siswa mengungkapkan baik/ buruk tokoh cerita
           e.  Siswa mengungkapkan baik/ buruk cerita

      3. Kegiatan Akhir
          a.  Guru mengadakan evaluasi.

E. Sumber Belajar
    1. Kaset/ CD dongeng
    2. Majalah
    3. Buku dongeng
    4. Nara sumber

F. Penilaian
     1. Teknik                       :  Tes Tulis
     2. Bentuk Instrumen       :  Tes Uraian
     3. Soal/ Instrumen          :
NO
SOAL
INSTRUMEN
SKOR
1





2
Jelaskan isi dan pesan dongeng yang telah kamu dengarkan



Berikan tanggapan relevansi isi dan pesan dongeng dengan situasi sekarang
a.   Menjelaskan isi dan pesan dongeng dengan benar
b.   Menjelaskan isi dan pesan dongeng dengan kurang benar
c.   Tidak menjelaskan apa-apa

a.   Memberikan tanggapan dengan benar
b.   Memberi tanggapan dengan kurang benar
c.    Tidak memberikan tanggapan
2

1

0

2

1

0

Skor Maksimal   :  4

Nilai Akhir



Mengetahui
                      ...............................
             Kepala SMPN 3 Purwantoro
Guru Mata Pelajaran





I S M A I L
NIP. 
NIP. 19660313 199003 1 009

_________________________________________________________________________



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( 3 )

    Sekolah                    : SMPN 3 Purwantoro
    Mata Pelajaran        : Bahasa Daerah (Jawa)
    Kelas/ Semester      : VII/ I

Standar Kompetensi :  Berbicara
2.  Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan melalui kegiatan wawancara

Kompetensi Dasar (KD) :
2.1 Berwawancara dengan nara sumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan tata krama

Indikator :
2.1.1 Mampu menyusun daftar pokok-pokok pertanyaan untuk wawancara
2.1.2 Mampu melakukan wawancara dengan nara sumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan tata krama.

Alokasi Waktu :  4 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
      Siswa dapat melakukan wawancara dengan nara sumber dari berbagai kalangan

B. Materi Pembelajaran
     ·   Daftar pertanyaan
     ·   Etika berwawancara
     ·    Nara sumber

C. Metode Pembelajaran
     ·    Permodelan
     ·     Pemberian tugas

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
     Pertemuan Pertama
     1. Kegiatan Awal
         a. Siswa dikondisikan untuk siap menerima materi
         b. Mencermati model berwawancara


     2.  Kegiatan Inti
          a.  Siswa bertanya jawab tentang tehnik berwawancara
          b.  Siswa mendiskusikan tentang etika berwawancara
          c.  Siswa menyusun pokok-pokok pertanyaan untuk bahan wawancara


    3.  Kegiatan Akhir
          a.  Guru melakukan merefleksi.




Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Awal
    a. Siswa memilih nara sumber yang sesuai dengan topik yang dipilih


2. Kegiatan Inti
    a. Siswa memperagakan kegiatan berwawancara dengan nara sumber pilihannya
    b. Siswa mengumpulkan hasil wawancara


3.  Kegiatan Akhir
     a.  Guru mengevaluasi.

E. Sumber Belajar
     1. Teks pesan atau himbauan
     2.  Kerangka teks pesan atau himbauan
     3.  Cara menyampaikan pesa
     4.  Unggah-ungguh Bahasa Jawa
     5.  Buku Teks

F. Penilaian
     Pertemuan Pertama :
     1. Teknik                         :  Observasi, Penugasan
     2.  Bentuk Instrumen        :  Lembar Observasi, Tugas proyek
     3.  Soal/ Instrumen                       :
          1.  Tugas proyek
NO
INSTRUMEN
SKOR
1

a.  Menuliskan pokok-pokok pertanyaan secara lengkap dan penggunaan bahasa Jawa ngoko dan krama yang tempat
b.  Menuliskan pokok-pokok pertanyaan secara lengkap dan penggunaan bahasa Jawa yang kurang tepat atau sebaliknya
c.  Menuliskan pokok-pokok pertanyaan dan penggunaan bahasa keduanya kurang lengkap dan tepat
d.  Tidak menuliskan apa-apa

3

2


1

0



           2. Lembar Observasi


NO
INSTRUMEN
3
2
1
1
Sikap berwawancara (tepat/ kurang tepat/ tidak tepat)



2
Penggunaan bahasa (tepat/ kurang tepat/ tidak tepat)



3
Mengumpulkan hasil wawancara (lengkap/ kurang lengkap/ tidak mengumpulkan)








Skor Maksimal   :  12

Nilai Akhir



Mengetahui
....., ...........................
Kepala SMPN 3 Purwantoro
Guru Mata Pelajaran





I S M A I L
NIP.
NIP. 19660313 199003 1 009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Next Prev
Ismail Wiroprojo