=====UNDUH MASTER APLIKASI P K G di sini atau di sini=====

Senin, 08 Oktober 2012

RPP Bhs. Jawa kelas 7 - Smt I/b


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( 4 )

   Sekolah                    : SMPN 3 Purwantoro
   Mata Pelajaran        : Bahasa Daerah (Jawa)
   Kelas/ Semester      : VII/ I

Standar Kompetensi :  Membaca
3. Membaca ragam teks sastra dan non sastra dengan berbagai tehnik


Kompetensi Dasar (KD) :
3.1  Mengungkapkan isi Guritan dengan cara membaca ekspresif

Indikator :
3.1.1  Mampu menandai penjedaan dalam guritan yang akan dibacakan
3.1.2  Mampu membaca ekspresi guritan

Alokasi Waktu :  4 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
     Siswa dapat mengungkapkan isi guritan dengan cara membaca ekspresi (membaca Indah)

B. Materi Pembelajaran
     ·   Naskah Guritan/ VCD pembacaan guritan
     ·    Cara penjedaan dalam guritan
     ·    Cara pembacaan ekspresi (indah) guritan, meliputi :  Irama, Volume, Mimik (Ekspresi wajah)

C.  Metode Pembelajaran
      ·   Permodelan
      ·    Diskusi

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
     Pertemuan I
     1. Kegiatan Awal
         a. Siswa dikondisikan untuk siap menerima materi guritan
         b.  Siswa mengamati model pembacaan guritan


     2. Kegiatan Inti
        a. Siswa dan guru bertanya jawab tentang pembacaan guritan dari segi pelafalan, intonasi, ekspresi dan      penjedaan
         b. Siswa memilih guritan
         c. Siswa menandai penjedaan pembacaan guritan pilihannya


    3.  Kegiatan Akhir
          a.  Guru melakukan refleksi (membuat simpulan hasil pembelajaran)


Pertemuan II
1. Kegiatan Awal
    a.  Siswa mencermati model pembacaan guritan


2. Kegiatan Inti
     a. Siswa berlatih membaca guritan
     b. Siswa membaca guritan dengan cara membaca ekspresi (indah)


3. Kegiatan Akhir
    a.  Guru mengevaluasi

E. Sumber Belajar
     1. Kaset/ CD Dongeng
     2.  Majalah
     3.  Buku Teks
     4.  Buku Antologi

F. Penilaian
    1. Teknik                         :  Observasi
    2.  Bentuk Instrumen        :  Lembar Observasi
    3.  Soal/ Instrumen           :

Pertemuan I
NO
INSTRUMEN
SKOR
1

a.   Siswa menandai penjedaan dengan tepat
b.  Siswa menandai penjedaan kurang tepat
c.   Tidak menandai penjedaan
2
1
0

Skor Maksimal   :  2

Nilai Akhir

Pertemuan II
NO
INSTRUMEN
3
2
1
1
Ketepatan intonasi (tepat/ kurang tepat/ tidak tepat)



2
Ketepatan volume suara (jelas/ kurang jelas/ tidak jelas)



3
Mimik atau ekspresi (tepat/ kurang tepat/ tidak tepat)





Mengetahui
                      ....., ..........................
Kepala SMPN 3 Purwantoro
Guru Mata Pelajaran





I S M A I L
NIP.
NIP. 19660313 199003 1 009



_____________________________________________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJAEAN ( 5 )

Sekolah                     : SMPN 3 Purwantoro
Mata Pelajaran        : Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas/ Semester      : VII/ I

Standar Kompetensi :  Membaca
4.  Mengungkapkan pikiran, gagasan, dan perasaan melalui kegiatan menulis dengan huruf latin dan huruf Jawa

Kompetensi Dasar :
4.1  Mengembangkan pokok pikiran menjadi paragraf membaca ekspresif

Indikator :
4.1.1  Mampu menjelaskan cara mengembangkan pokok pikiran menjadi paragraf
4.1.2  Mampu menyusun kerangka karangan sederhana terdiri dari 5 kalimat pokok pikiran
4.1.3 Mampu mengembangkan beberapa pokok pikiran menjadi paragraf sehingga menjadi karangan sederhana

Alokasi Waktu :  2 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
     Siswa dapat mengembangkan pokok pikiran menjadi paragraf

B.  Materi Pembelajaran
     ·    Pokok-pokok pikiran menjadi paragraf
     ·     Kerangka karangan sederhana
     ·     Pokok pikiran menjadi karangan sederhana

C. Metode Pembelajaran
     ·     Permodelan
     ·     Penugasan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
     1.  Kegiatan Awal
          a. Siswa mengamati contoh pengembangan pokok pikiran menjadi          paragraf
          b. Siswa mendiskusikan cara-cara mengembangkan pokok pikiran menjadi paragraf
          c.  Siswa menentukan beberapa pokok pikiran yang saling berhubungan
         d.  Siswa mengembangkan pokok-pokok pikiran menjadi paragraf


     2. Kegiatan Inti
          a.  Siswa membuat pokok pikiran
          b.  Siswa menyusun kerangka karangan
          c.  Siswa mengembangkan pokok pikiran menjadi paragraf


    3. Kegiatan Akhir
         a.  Guru memberikan penilaian

E. Sumber Belajar
    1. Buku Referensi
    2. Majalah
    3. Buku Teks

F.  Penilaian
     1. Teknik                       :  a.      Tes Tulis
                                             b.     Tes Unjuk Kerja
 
     2. Bentuk Instrumen       :  a.      Tes Uraian
                                                      Uji petik kerja produk

     3. Soal/ Instrumen          :
NO
SOAL
INSTRUMEN
SKOR
1
Terangkan cara mengembangkan pokok pikiran menjadi paragraf
a.   Menjelaskan dengan lengkap cara mengembangkan pokok pikiran menjadi paragraf
b.  Kurang dapat menjelaskan pokok pikiran menjadi paragraf
c.   Tidak dapat menjelaskan/ tidak mengerjakan
2


1

0
2
Buatlah beberapa pokok pikiran menjadi karangan
a.   Membuat kerangka karangan yang sesuai dengan pokok pikiran
b.  Membuat kerangka karangan yang kurang sesuai pokok pikiran
c.   Membuat kerangka karangan tetapi tidak sesuai dengan pokok pikiran
2

1

0
3
Kembangkan kerangka karangan menjadi karangan sederhana
a.   Menuliskan karangan sesuai dengan pokok pikiran
b.  Kurang sesuai dengan pokok pikiran
c.   Karangan tidak sesuai dengan pokok pikiran
2

1
0



Skor Maksimal   :  6



Nilai Akhir



Mengetahui
....., ...........................
Kepala SMPN 3 Purwantoro
Guru Mata Pelajaran




I S M A I L
NIP. 
NIP. 19660313 199003 1 009



________________________________________________________________________

                                     RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( 6 )


Sekolah                     : SMPN 3 Purwantoro
Mata Pelajaran        : Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas/ Semester      : VII/ I

Standar Kompetensi :  Menulis
4.  Mengungkapkan pikiran, gagasan dan perasaan melalui kegiatan menulis dengan huruf latin dan huruf Jawa

Kompetensi Dasar (KD) :
4.2   Menulis kalimat dengan huruf Jawa

Indikator :
4.2.1  Mampu menyusun kalimat berita dengan huruf Jawa
4.2.2  Mampu menyusun kalimat berita dengan huruf Jawa
4.2.3  Mampu mengembangkan beberapa pokok pikiran menjadi paragraf sehingga menjadi karangan sederhana

Alokasi Waktu :  2 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menulis kalimat dengan huruf Jawa

B. Materi Pembelajaran
·     Menyusun kalimat berita
·     Kalimat berita dengan huruf Jawa

C. Metode Pembelajaran
·    Permodelan
·    Penugasan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.  Kegiatan Awal
a. Siswa mendengarkan penjelasan tentang penyusunan kalimat berita dengan huruf latin
b. Siswa mendengarkan penjelasan tentang penyusunan kalimat berita berhuruf latin ke huruf Jawa
c. Siswa dengan guru melakukan tanya jawab

2.  Kegiatan Inti 
a.  Siswa menyusun kalimat berita berhuruf latin
b.  Siswa menyusun kalimat berita berhuruf Jawa

3.  Kegiatan Akhir
a.  Guru memberikan penilaian

E.  Sumber Belajar
1.  Buku Referensi
2.  Buku Teks

F.   Penilaian
1.   Teknik                                    :  Tes Tulis
2.    Bentuk Instrumen                    :  Tes Uraian
3.    Soal/ Instrumen                       :
NO
SOAL
INSTRUMEN
SKOR
1
Buatlah 5 kalimat berita dan salinlah dengan huruf Jawa
a.    Menulis 5 kalimat berita dengan huruf Jawa dengan benar
b.   Menuliskan kurang dari 5 kalimat dan kurang benar
c.    Menulis kurang dari 3 dan tidak benar
2

1

0
2
Menulis 5 kalimat berita dengan huruf latin
a.    Menulis 5 kalimat dengan huruf latin dengan benar
b.   Menulis kurang dari 5 dan kurang benar
c.    Menulis kurang dari 3 dan tidak benar
2

1

0

Skor Maksimal   :  4

Nilai Akhir



Mengetahui
....., ...........................
Kepala SMPN 3 Purwantoro
Guru Mata Pelajaran





I S M A I L
NIP. 
NIP. 19660313 199003 1 009


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Next Prev
Ismail Wiroprojo