Kutut Manggung - Nyi Miranti Sabdosih
Gambyong Pareanom

Senin, 08 Oktober 2012

RPP Bhs. Jawa Kelas VII-Semester Ganjil


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)







MATA PELAJARAN
MULOK BAHASA JAWA







KELAS VII
SEMESTER GANJIL







SMP NEGERI 3 PURWANTORO 
==================================


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( 1 )

    Sekolah                   : SMP Negeri 3 Purwantoro
    Mata Pelajaran      : Bahasa Daerah (Jawa)
    Kelas/ Semester     : VII/ I

Standar Kompetensi :  Mendengarkan
1. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan

Kompetensi Dasar (KD) :
1.1 Menemukan isi dan pesan dongeng

Indikator :
1.1.1  Siswa mampu menunjukkan pokok-pokok cerita
1.1.2  Mampu menyarikan pokok cerita menjadi inti cerita
1.1.3  Mampu menunjukkan pesan yang tersirat dalam dongeng

Alokasi Waktu :  2 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
      Siswa dapat menemukan isi dan pesan dongeng yang diperdengarkan

B. Materi Pembelajaran
      ·    Pokok-pokok cerita/ dongeng
      ·     Isi dan pesan dongeng
      ·     Cara menemukan isi dan pesan dongeng

C. Metode Pembelajaran
      ·      Permodelan
      ·      Diskusi

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
     1.  Kegiatan Awal
          a.  Mengkondisikan siswa untuk mendengarkan cerita
          b.  Siswa mendengarkan cerita dongeng dari radio/ tape recorder/ VCD/ TV/ nara sumber

    2.   Kegiatan Inti
          a.  Siswa menentukan pokok cerita
          b.  Siswa menyarikan isi cerita
          c.  Siswa menyimpulkan pesan yang tersirat dalam cerita

   3.    Kegiatan Akhir
          a. Guru memberikan evaluasi

E. Sumber Belajar
     1.  Kaset/ CD dongeng
     2.  Majalah
     3.  Buku Dongeng
     4.  Nara Sumber

F. Penilaian
    1.   Teknik                         :  Tes Tulis
    2.   Bentuk Instrumen         :  Tes Uraian
    3.   Soal/ Instrumen            :

NO
SOAL
INSTRUMEN
SKOR
1





2





3
Tulislah pokok-pokok cerita !




Tulislah ringkasan cerita !




Tentukan isi dan pesan cerita !
a.   Menulis pokok-pokok cerita lengkap
b.   Menulis pokok-pokok cerita tidak lengkap
c.   Tidak menuliskan apa-apa

a.   Membuat ringkasan dengan baik dan lengkap
b.   Membuat ringkasan kurang baik dan tidak lengkap
c.    Tidak membuat ringkasan

a.    Menjelaskan isi cerita dengan baik dan jelas
b.   Menjelaskan isi cerita dengan tidak baik dan tidak jelas
c.    Tidak dapat menjelaskan
2

1

0

2

1

0

2

1

0

Skor Maksimal   :  6

Nilai Akhir


Mengetahui
....., ...........................
Kepala SMPN 3 Purwantoro
Guru Mata Pelajaran





I S M A I L
NIP................
NIP. ......................


_________________________________________________________________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( 2 )

   Sekolah                     : SMPN 3 Purwantoro
   Mata Pelajaran        : Bahasa Daerah (Jawa)
   Kelas/ Semester      : VII/ I

Standar Kompetensi : Mendengarkan
1.  Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan

Kompetensi Dasar (KD) :
1.2   Memberikan tanggapan relevansi isi dan pesan dongeng dengan situasi sekarang

Indikator :
1.2.1  Mampu menemukan isi dan pesan dari dongeng yang didengarkan
1.2.2  Mampu menuliskan tanggapan relevansi isi dan pesan dongeng dengan situasi sekarang

Alokasi Waktu :  2 x 40 menit

A.  Tujuan Pembelajaran
      Siswa dapat menemukan isi dan pesan dongeng yang diperdengarkan

B.  Materi Pembelajaran
      ·    Isi dan pesan dongeng
      ·    Cara menanggapi isi dan pesan dongeng
      ·    Relevansi isi dan pesan dongeng dengan situasi sekarang

C.  Metode Pembelajaran
      ·    Permodelan
      ·    Diskusi

D.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
      1. Kegiatan Awal
          a.  Siswa dikondisikan untuk mendengarkan dongeng
          b. Siswa mendengarkan cerita dongeng dari radio/ tape recorder/ VCD/ TV/ nara sumber

      2.  Kegiatan Inti
           a.  Siswa menemukan isi cerita
           b.  Siswa menemukan pesan yang didengarkan
           c.  Siswa mengungkapkan pesan yang ada relevansinya dengan situasi sekarang
           d.  Siswa mengungkapkan baik/ buruk tokoh cerita
           e.  Siswa mengungkapkan baik/ buruk cerita

      3. Kegiatan Akhir
          a.  Guru mengadakan evaluasi.

E. Sumber Belajar
    1. Kaset/ CD dongeng
    2. Majalah
    3. Buku dongeng
    4. Nara sumber

F. Penilaian
     1. Teknik                       :  Tes Tulis
     2. Bentuk Instrumen       :  Tes Uraian
     3. Soal/ Instrumen          :

NO
SOAL
INSTRUMEN
SKOR
1





2
Jelaskan isi dan pesan dongeng yang telah kamu dengarkan



Berikan tanggapan relevansi isi dan pesan dongeng dengan situasi sekarang
a.   Menjelaskan isi dan pesan dongeng dengan benar
b.   Menjelaskan isi dan pesan dongeng dengan kurang benar
c.   Tidak menjelaskan apa-apa

a.   Memberikan tanggapan dengan benar
b.   Memberi tanggapan dengan kurang benar
c.    Tidak memberikan tanggapan
2

1

0

2

1

0

Skor Maksimal   :  4

Nilai Akhir



Mengetahui
                      ...............................
             Kepala SMPN 3 Purwantoro
Guru Mata Pelajaran





I S M A I L
NIP.................... 
NIP. ......................

_________________________________________________________________________


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( 3 )

    Sekolah                    : SMPN 3 Purwantoro
    Mata Pelajaran        : Bahasa Daerah (Jawa)
    Kelas/ Semester      : VII/ I

Standar Kompetensi :  Berbicara
2.  Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan melalui kegiatan wawancara

Kompetensi Dasar (KD) :
2.1 Berwawancara dengan nara sumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan tata krama

Indikator :
2.1.1 Mampu menyusun daftar pokok-pokok pertanyaan untuk wawancara
2.1.2 Mampu melakukan wawancara dengan nara sumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan tata krama.

Alokasi Waktu :  4 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
      Siswa dapat melakukan wawancara dengan nara sumber dari berbagai kalangan

B. Materi Pembelajaran
     ·   Daftar pertanyaan
     ·   Etika berwawancara
     ·    Nara sumber

C. Metode Pembelajaran
     ·    Permodelan
     ·     Pemberian tugas

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
     Pertemuan Pertama
     1. Kegiatan Awal
         a. Siswa dikondisikan untuk siap menerima materi
         b. Mencermati model berwawancara

     2.  Kegiatan Inti
          a.  Siswa bertanya jawab tentang tehnik berwawancara
          b.  Siswa mendiskusikan tentang etika berwawancara
          c.  Siswa menyusun pokok-pokok pertanyaan untuk bahan wawancara

    3.  Kegiatan Akhir
          a.  Guru melakukan merefleksi.


Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Awal
    a. Siswa memilih nara sumber yang sesuai dengan topik yang dipilih

2. Kegiatan Inti
    a. Siswa memperagakan kegiatan berwawancara dengan nara sumber pilihannya
    b. Siswa mengumpulkan hasil wawancara

3.  Kegiatan Akhir
     a.  Guru mengevaluasi.

E. Sumber Belajar
     1. Teks pesan atau himbauan
     2.  Kerangka teks pesan atau himbauan
     3.  Cara menyampaikan pesa
     4.  Unggah-ungguh Bahasa Jawa
     5.  Buku Teks

F. Penilaian
     Pertemuan Pertama :
     1. Teknik                         :  Observasi, Penugasan
     2.  Bentuk Instrumen        :  Lembar Observasi, Tugas proyek
     3.  Soal/ Instrumen                       :
          1.  Tugas proyek

NO
INSTRUMEN
SKOR
1

a.  Menuliskan pokok-pokok pertanyaan secara lengkap dan penggunaan bahasa Jawa ngoko dan krama yang tempat
b.  Menuliskan pokok-pokok pertanyaan secara lengkap dan penggunaan bahasa Jawa yang kurang tepat atau sebaliknya
c.  Menuliskan pokok-pokok pertanyaan dan penggunaan bahasa keduanya kurang lengkap dan tepat
d.  Tidak menuliskan apa-apa

3

2


1

0



           2. Lembar Observasi

NO
INSTRUMEN
3
2
1
1
Sikap berwawancara (tepat/ kurang tepat/ tidak tepat)



2
Penggunaan bahasa (tepat/ kurang tepat/ tidak tepat)



3
Mengumpulkan hasil wawancara (lengkap/ kurang lengkap/ tidak mengumpulkan)







Skor Maksimal   :  12

Nilai Akhir



Mengetahui
....., ...........................
Kepala SMPN 3 Purwantoro
Guru Mata Pelajaran





I S M A I L
NIP.
NIP. ...........................
_________________________________________________________________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( 4 )

   Sekolah                     : SMPN 3 Purwantoro
   Mata Pelajaran         : Bahasa Daerah (Jawa)
   Kelas/ Semester         : VII/ I

Standar Kompetensi :  Membaca
3. Membaca ragam teks sastra dan non sastra dengan berbagai tehnik

Kompetensi Dasar (KD) :
3.1  Mengungkapkan isi Guritan dengan cara membaca ekspresif

Indikator :
3.1.1  Mampu menandai penjedaan dalam guritan yang akan dibacakan
3.1.2  Mampu membaca ekspresi guritan

Alokasi Waktu :  4 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
     Siswa dapat mengungkapkan isi guritan dengan cara membaca ekspresi (membaca Indah)

B. Materi Pembelajaran
     ·   Naskah Guritan/ VCD pembacaan guritan
     ·    Cara penjedaan dalam guritan
     ·    Cara pembacaan ekspresi (indah) guritan, meliputi :  Irama, Volume, Mimik (Ekspresi wajah)

C.  Metode Pembelajaran
      ·   Permodelan
      ·    Diskusi

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
     Pertemuan I
     1. Kegiatan Awal
         a. Siswa dikondisikan untuk siap menerima materi guritan
         b.  Siswa mengamati model pembacaan guritan

     2. Kegiatan Inti
        a. Siswa dan guru bertanya jawab tentang pembacaan guritan dari segi pelafalan, intonasi, ekspresi dan      penjedaan
         b. Siswa memilih guritan
         c. Siswa menandai penjedaan pembacaan guritan pilihannya

    3.  Kegiatan Akhir
          a.  Guru melakukan refleksi (membuat simpulan hasil pembelajaran)

Pertemuan II
1. Kegiatan Awal
    a.  Siswa mencermati model pembacaan guritan

2. Kegiatan Inti
     a. Siswa berlatih membaca guritan
     b. Siswa membaca guritan dengan cara membaca ekspresi (indah)

3. Kegiatan Akhir
    a.  Guru mengevaluasi

E. Sumber Belajar
     1. Kaset/ CD Dongeng
     2.  Majalah
     3.  Buku Teks
     4.  Buku Antologi

F. Penilaian
    1. Teknik                         :  Observasi
    2.  Bentuk Instrumen        :  Lembar Observasi
    3.  Soal/ Instrumen           :

Pertemuan I
NO
INSTRUMEN
SKOR
1

a.   Siswa menandai penjedaan dengan tepat
b.  Siswa menandai penjedaan kurang tepat
c.   Tidak menandai penjedaan
2
1
0

Skor Maksimal   :  2

Nilai Akhir

Pertemuan II
NO
INSTRUMEN
3
2
1
1
Ketepatan intonasi (tepat/ kurang tepat/ tidak tepat)



2
Ketepatan volume suara (jelas/ kurang jelas/ tidak jelas)



3
Mimik atau ekspresi (tepat/ kurang tepat/ tidak tepat)





Mengetahui
                      ....., ..........................
Kepala SMPN 3 Purwantoro
Guru Mata Pelajaran





I S M A I L
NIP.
NIP. .............................



_____________________________________________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( 5 )

Sekolah                     : SMPN 3 Purwantoro
Mata Pelajaran        : Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas/ Semester      : VII/ I

Standar Kompetensi :  Membaca
4.  Mengungkapkan pikiran, gagasan, dan perasaan melalui kegiatan menulis dengan huruf latin dan huruf Jawa

Kompetensi Dasar :
4.1  Mengembangkan pokok pikiran menjadi paragraf membaca ekspresif

Indikator :
4.1.1  Mampu menjelaskan cara mengembangkan pokok pikiran menjadi paragraf
4.1.2  Mampu menyusun kerangka karangan sederhana terdiri dari 5 kalimat pokok pikiran
4.1.3 Mampu mengembangkan beberapa pokok pikiran menjadi paragraf sehingga menjadi karangan sederhana

Alokasi Waktu :  2 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
     Siswa dapat mengembangkan pokok pikiran menjadi paragraf

B.  Materi Pembelajaran
     ·    Pokok-pokok pikiran menjadi paragraf
     ·     Kerangka karangan sederhana
     ·     Pokok pikiran menjadi karangan sederhana

C. Metode Pembelajaran
     ·     Permodelan
     ·     Penugasan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
     1.  Kegiatan Awal
          a. Siswa mengamati contoh pengembangan pokok pikiran menjadi          paragraf
          b. Siswa mendiskusikan cara-cara mengembangkan pokok pikiran menjadi paragraf
          c.  Siswa menentukan beberapa pokok pikiran yang saling berhubungan
         d.  Siswa mengembangkan pokok-pokok pikiran menjadi paragraf

     2. Kegiatan Inti
          a.  Siswa membuat pokok pikiran
          b.  Siswa menyusun kerangka karangan
          c.  Siswa mengembangkan pokok pikiran menjadi paragraf

    3. Kegiatan Akhir
         a.  Guru memberikan penilaian

E. Sumber Belajar
    1. Buku Referensi
    2. Majalah
    3. Buku Teks

F.  Penilaian
     1. Teknik                       :  a.      Tes Tulis
                                             b.     Tes Unjuk Kerja
 
     2. Bentuk Instrumen       :  a.      Tes Uraian
                                                      Uji petik kerja produk

     3. Soal/ Instrumen          :
NO
SOAL
INSTRUMEN
SKOR
1
Terangkan cara mengembangkan pokok pikiran menjadi paragraf
a.   Menjelaskan dengan lengkap cara mengembangkan pokok pikiran menjadi paragraf
b.  Kurang dapat menjelaskan pokok pikiran menjadi paragraf
c.   Tidak dapat menjelaskan/ tidak mengerjakan
2


1

0
2
Buatlah beberapa pokok pikiran menjadi karangan
a.   Membuat kerangka karangan yang sesuai dengan pokok pikiran
b.  Membuat kerangka karangan yang kurang sesuai pokok pikiran
c.   Membuat kerangka karangan tetapi tidak sesuai dengan pokok pikiran
2

1

0
3
Kembangkan kerangka karangan menjadi karangan sederhana
a.   Menuliskan karangan sesuai dengan pokok pikiran
b.  Kurang sesuai dengan pokok pikiran
c.   Karangan tidak sesuai dengan pokok pikiran
2

1
0



Skor Maksimal   :  6



Nilai Akhir



Mengetahui
....., ...........................
Kepala SMPN 3 Purwantoro
Guru Mata Pelajaran




I S M A I L
NIP. 
NIP. .............................



________________________________________________________________________

                                     RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( 6 )


Sekolah                     : SMPN 3 Purwantoro
Mata Pelajaran         : Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas/ Semester         : VII/ I

Standar Kompetensi :  Menulis
4.  Mengungkapkan pikiran, gagasan dan perasaan melalui kegiatan menulis dengan huruf latin dan huruf Jawa

Kompetensi Dasar (KD) :
4.2   Menulis kalimat dengan huruf Jawa

Indikator :
4.2.1  Mampu menyusun kalimat berita dengan huruf Jawa
4.2.2  Mampu menyusun kalimat berita dengan huruf Jawa
4.2.3  Mampu mengembangkan beberapa pokok pikiran menjadi paragraf sehingga menjadi karangan sederhana

Alokasi Waktu :  2 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menulis kalimat dengan huruf Jawa

B. Materi Pembelajaran
·     Menyusun kalimat berita
·     Kalimat berita dengan huruf Jawa

C. Metode Pembelajaran
·    Permodelan
·    Penugasan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.  Kegiatan Awal
a. Siswa mendengarkan penjelasan tentang penyusunan kalimat berita dengan huruf latin
b. Siswa mendengarkan penjelasan tentang penyusunan kalimat berita berhuruf latin ke huruf Jawa
c. Siswa dengan guru melakukan tanya jawab

2.  Kegiatan Inti 
a.  Siswa menyusun kalimat berita berhuruf latin
b.  Siswa menyusun kalimat berita berhuruf Jawa

3.  Kegiatan Akhir
a.  Guru memberikan penilaian

E.  Sumber Belajar
1.  Buku Referensi
2.  Buku Teks

F.   Penilaian
1.   Teknik                                    :  Tes Tulis
2.    Bentuk Instrumen                    :  Tes Uraian
3.    Soal/ Instrumen                       :
NO
SOAL
INSTRUMEN
SKOR
1
Buatlah 5 kalimat berita dan salinlah dengan huruf Jawa
a.    Menulis 5 kalimat berita dengan huruf Jawa dengan benar
b.   Menuliskan kurang dari 5 kalimat dan kurang benar
c.    Menulis kurang dari 3 dan tidak benar
2

1

0
2
Menulis 5 kalimat berita dengan huruf latin
a.    Menulis 5 kalimat dengan huruf latin dengan benar
b.   Menulis kurang dari 5 dan kurang benar
c.    Menulis kurang dari 3 dan tidak benar
2

1

0

Skor Maksimal   :  4

Nilai Akhir



Mengetahui
....., ...........................
Kepala SMPN 3 Purwantoro
Guru Mata Pelajaran





I S M A I L
NIP. 
NIP. ..........................


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

DOWNLOAD SK GUBERBUR JAWA TENGAH/Kurikulum BHS. JAWA
1. Untuk SD/MI Klik Di Sini atau Klik Di Sini
2. Untuk SMP/MTs Klik Di Sini atau Klik Di Sini
3. Untuk SMA/SMK/MA Klik Di Sini atau Klik Di Sini
Ismail Wiroprojo